Aneka Tools untuk Bikin GIF dengan Mudah

Kamu pasti sering mendapati gambar atau ikon animasi di postingan media sosial. Gambar animasi atau GIF sebetulnya bukan barang baru.

Postingan dengan animasi itu memberi kesan yang menarik atau kocak. Tapi GIF juga kadang bisa bercerita dengan lebih baik dan menarik ketimbang gambar diam.

Di zaman Internet yang serba mudah begini, bikin gambar animasi juga tak sulit ternyata. Ada beberapa cara dan platform yang bisa kita coba. Berikut beberapa platform yang bisa dicoba.

Saya sarikan dari keterangan yang dikirimkan Social Report pada saya baru-baru ini. Oya, kalau mau berlangganan Social Report, platform ini juga menyediakan lebih dari sejuta gambar animasi yang bisa kamu pakai.

Tapi kalau mau bikin sendiri, berikut beberapa platform yang bisa dicoba:

1. Giphy GIF Maker
Kamu bisa akses di alamat giphy.com. Kata Social Report sih, platform ini supermudah dan cepat dalam membuat file GIF dari sebuah video. Kamu cukup memasukkan url YouTube, Vimeo, atau url videomu sendiri, dan GIF pun tercipta. Kamu bisa memilih dari titik mana videomu diubah jadi GIF. Kamu bisa menambahkan caption, bikin slideshow, dan sebagainya. File ini juga bisa langsung kamu share kemana saja.

2. Gifs.com
Kalau ingin membuat GIF dari video YouTube, postingan di Instagram atau Vine, katanya platform ini sempurna buatmu. Cukup masukkan alamat url video. Ada tool editing yang beragam, termasuk menambahkan caption atau cropping. Bonusnya, kamu bisa menghapus watermark dari videomu lho.

3. Gifmaker (gifmaker.me) dan Imgflip (imgflip.com)
Ini tool gratisan yang membuatmu bisa membuat GIF dan slideshow dari file gambar yang ada. Ada sebuah Control Panel untuk mengkustomisasi GIF kamu, misalnya memilih ukuran canvas, kecepatan transisi, atau berapa banyak pengulangan yang kamu inginkan. Yang hampir sama dengan ini adalah Imgflip. Imgflip bisa menambahkan teks, mengubah waktu tunggu, mengatur ukuran gambar, mengekspor file GIF tanpa watermark. Tapi khusus fitur terakhir, kamu harus jadi member berbayar.

4. Bikin GIF langsung dari layar
Nah kalau mau bikin langsung di layar perangkatmu, bisa coba Recordit (recordit.co). Kamu bisa mengunduh software ini untuk komputer berbasis Windows dan Mac. Dengan tool ini kamu bisa bikin GIF tanpa iklan yang mengganggu. Ia punya editor dengan banyak opsi. Misalnya mengedit langsung rekaman di platform. Yang hampir sama dengan Recordit adalah CloudApp (getcloudapp.com). Ada juga yang mirip dengan Instagram Boomerang, yaitu Makeagif (makeagif.com). Ia membantumu membuat file GIF melalui webcam. Kamu bisa bikin GIF personal semaumu.

5. Pakai Photoshop
Dengan mengkombinasikan beberapa gambar dan frame, kamu bisa dengan mudah mengubahnya jadi GIF melalui bantuan software Photoshop.

6. Pilih saja yang sudah ada
Kalau malas atau kamu merasa kurang bisa membuat file GIF sendiri, ada juga banyak website yang menyediakan pilihan ribuan file GIF yang bisa kamu pakai. Dengan mesin pencari Google, kamu bisa juga menyortir gambar GIF saja untuk kemudian kamu pilih sendiri mana suka.

7. Tumblr
Situs microblogging ini banyak disukai remaja. Saat ini Tumblr termasuk wadahnya berbagi GIF terpopuler sedunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *