3 Tren di Internet yang Bikin Penemu Web Prihatin

Internet telah berkembang jauh sejak world wide web (WWW) ditemukan pertama kali pada 28 tahun lalu. Tapi perkembangan ini memicu keprihatinan sang penemu, Tim Berners-Lee.

Setidaknya ada 3 trend yang memancing keprihatinan ilmuwan komputer itu. “Yang seharusnya kita cegah untuk memenuhi potensi utama web sebagai alat melayani kemanusiaan,” kata Berners-Lee.

Tiga tren yang disebut yaitu: kompromi terhadap data personal, kabar palsu yang menyebar bak api liar, dan minimnya regulasi terhadap iklan politik yang mengancam demokrasi.

Dia mengutip kabar tentang operasi pengawasan CIA yang dibocorkan WikiLeaks. “Setop juga memakai Internet sebagai ruang untuk mengeksplorasi topik yang penting macam isu kesehatan yang sensitif, seksualitas, dan agama,” katanya.

Berners-Lee, kini 61 tahun, pertama kali mendesain WWW sebagai platform terbuka yang memungkinkan siapa saja untuk berbagi informasi, mendapat akses kepada peluang dan kolaborasi lintas geografis dan batas budaya.

Tapi niatnya kini terganggu oleh penyebaran informasi pribadi secara tak terkendali, penyebaran hoax, dan kejahatan dunia siber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *