Selfie yang Sempurna (TEORINYA)

Saya bukan fotografer. Hanya, kalau lagi travelling memang suka foto-foto. Entah itu memotret pemandangan atau selfie alias memotret diri sendiri.

Sayangnya saya jarang puas dengan hasil foto selfie itu. Makanya sering saya tutupi dengan software pengedit foto. Hihi..

Maklum, saya bukan seorang yang fotogenik. Kurang cakeplah difoto.

Tapi boleh dong saya berbagi teori, bagaimana mengambil foto selfie yang sempurna, kan?  Kalian boleh coba, siapa tahu lebih beruntung dari saya, wkwkw.

Rasio Wajah 1:3

Proporsi dalam foto sangat penting. Begitu juga foto selfie. Ada trik khusus untuk membuat selfie menjadi semakin sempurna. Aturannya adalah rasio wajah 1:3. Satu porsi untuk wajahmu, tiga porsi untuk latar belakang. Sebab, selfie tidak harus selalu foto close up. Lagipula, kalau mau selfie di destinasi wisata yang menarik dan fenomenal, yang lihat fotomu harus tahu kan bahwa kamu ada di sana?

Cobalah memasukkan latar belakang semaksimal mungkin. Pertama cobalah tentukan latar belakang yang akan ditampilkan, lalu tempatkan wajah sesuai latar belakang itu. Ambil foto dari sudut yang lebih tinggi untuk mendapatkan pemandangan lebih banyak dan perspektif lebih baik.

Atur pencahayaan

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah pencahayaan. Pastikan kita selaku subyek foto sudah terpapar pencahayaan yang memadai dan pencahayaan alami adalah yang terbaik.

Kalau asal cahaya dari belakang kamera, maka foto selfie yang dihasilkan akan tampak berbayang kecuali kamu pake flash. Untuk menghindari ini, pastikan dari mana asal cahaya dan jauhilah. Asal cahaya bisa dari lampu, jendela rumah, atau cahaya matahari langsung.

Variasi gaya menarik

Biar enggak membosankan, lakukanlah berbagai variasi gaya atau aktivitas saat selfie.

Pakai smartphone yang bagus

Perangkat yang dipakai untuk memotret tentu jadi penting juga. Sekarang sih sudah banyak ponsel dengan kamera yang bagus.

Tapi, biasanya sih, smartphone yang mempunyai kamera depan dengan resolusi yang tinggi, itu paling oke.

Vivo, yang sedang naik daun, punya model Vivo V5 yang memang didesain salah satunya untuk menghasilkan selfie sempurna. Kamera depannya 20MP dan punya fitur Selfie Spotlight yang mampu melakukan pengaturan pencahayaan sendiri, berdasarkan situasi pencahayaan sekitar.

Merek lain adalah Oppo F1s yang punya kamera depan 16MP, dilengkapi sensor 1/3.1 inci dan aperture F/2.0. Sehingga pada pencahayaan minimal, kita masih bisa memotret dengan hasil natural.

Kalau suka HTC, bisa pilih HTC Desire Eye yang punya kamera depan dan belakang sama-sama 13MP. Atau Asus Zenfone Selfie dengan kamera, yang sama-sama 13MP depan-belakang.

Ponsel-ponsel lain, macam iPhone, serta ponsel-ponsel Android lain, yang meski memiliki resolusi kamera depan antara 5-8 MP, juga sebetulnya mampu menghasilkan foto selfie yang memuaskan kok.

Foto: Pixabay/Sasint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *