Melirik Si Pengunci Autofocus hanya 0,05 Detik

Mengunci fokus hanya dalam waktu 0,05 detik? Kamera mirrorless terbaru dari Sony, α6500, mampu melakukannya.

Kamera yang sudah tersedia di pasar Indonesia pada Desember ini, memiliki sistem bernama 4D FOCUS yang memungkinkannya mengunci fokus pada kecepatan 0,05 detik dan mengakuisisi AF tercepat di dunia, menurut riset Sony terhadap kamera-kamera interchangeable lens yang bersensor APS-C.

Sama seperti tipe α6300, α6500 memiliki 425 titik deteksi fase AF yang diposisikan di seluruh area gambar. Ia dapat merekam dengan kecepatan 11 fps menggunakan fitur continuous autofocus dan exposure tracking dan 8 fps pada mode live-view. Sehingga ia mudah dipakai untuk merekam objek bergerak cepat.

Kecepatan ini didukung oleh chip LSI terbaru. Plus sistem stabilisasi gambar 5-axis yang pertama kali pada kamera Sony bersensor APS-C.

Meski begitu, perekaman objek bergerak cepat tak melulu urusan akuisisi AF lho ya. Khususnya pada perekaman aksi olahraga berkecepatan tinggi. Ada banyak aspek dan fungsi yang diperlukan dalam menangkap objek bergerak cepat. Akuisisi AF hanya salah satunya.

Kembali ke soal kamera anyar ini, Sony membekalinya dengan teknologi layar sentuh yang bisa dipakai mengunci AF dengan sentuhan jari secara mudah. Sebab, layar ini berfungsi sebagai touchpad juga ternyata, ketika kamu menggunakan viewfinder untuk mengambil gambar.

Bagaimana dengan sensor gambarnya? Kamera α6500 ini memakai Exmor CMOS APS-C berukuran 24,2 Megapiksel, dikombinasikan dengan prosesor BIONZ X dan LSI yang baru dikembangkan untuk meraih rentang sensitivitas yang luas.

α6500 bisa juga dipakai merekam video dengan kualitas 4K. Sony mengklaim, ini kamera interchangeable lens pertama dari Sony yang mampu begitu. Kamera ini akan merekam video beresolusi 3840x2160p pada format 35mm.

Bagaimana dengan desainnya? Tubuhnya terbuat dari campuran magnesium dan shutter-nya memiliki durabilitas tinggi sebab perputarannya lebih dari 200.000 kali.

Fitur lain adalah koneksi Wi-Fi, GR dan NFC. Ia juga competible dengan aplikasi PlayMemories Mobile yang tersedia di toko aplikasi Google Play dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *