Melihat Bumi Berubah Selama 32 Tahun, Berkat Google Earth Timelapse

Google baru-baru ini memperbarui Google Earth Engine dengan banyak banget data dan gambar. Layanan ini sudah menjangkau rentang waktu yang panjang lho, mulai 1984 sampai sekarang. Semua itu bagian dari proyek Timelapse.

Kamu bisa melihat bagaimana Bumi kita ini berubah dari waktu ke waktu. Daerah yang tadinya tak ada bangunan jadi banyak bangunan. Yang tadinya bangunan biasa jadi pencakar langit. Semua bisa dilihat dengan mudah dengan jelas, warna yang bagus banget, dan sedikit distraksi.

Semua itu dimungkinkan berkat kerjasama antara Google dan Geological Survey AS, NASA, dan TIME. Prosesnya, menurut Google sih, bikin pusing.

Betapa tidak, Google harus mengolah 3 kuadriliun piksel data yang diambil dari lebih dari 5 juta keping foto satelit yang diproduksi oleh Landsat Global Archive Consolidation Program, serta data terbaru dari dua satelit: Lansat 8 dan Sentinel-2.

Mereka mengolah semua piksel itu untuk menghasilkan 33 gambar keseluruhan planet, satu untuk setiap tahun. Lalu meng-encode 3,95 terapiksel gambar Bumi itu ke dalam 25.000.000 video tile yang overlapping dan multi resolusi. Kerenlah!

Tentang bagaimana perubahan demi perubahan itu, ambil contoh di Dalian, sebuah kota di Provinsi Liaoning, China. Selama 1980-an, sedikit sekali bangunan di sana. Tapi setelah 30 tahun, hampir keseluruhan wilayahnya ditutupi struktur bangunan. Kamu bisa lihat di video dari Earth Outreach di bawah ini:

Foto: Screenshot Google Earth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *