Ditemukan Begonia Spesies Baru, Berpotensi Jadi Tanaman Hias Cantik

Peneliti Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya “Eka Karya” Bali Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan Begonia jenis baru asal Maluku. Tanaman ini berpotensi jadi tanaman hias baru karena kecantikannya.

Begonia yang ditemukan di hutan Taman Nasional Manusela, Maluku, baru-baru ini, diberi nama Begonia nephrophylla. Nama nephrophylla berasal dari bahasa Yunani: nephros yang artinya ginjal, dan phyllus, yang artinya daun.

“Bila digabungkan nama tersebut mengacu bentuk daun yang menyerupai ginjal,” ujar Ni Kadek Erosi Undaharta, Peneliti Begonia dari BKT Kebun Raya “Eka Karya” Bali LIPI.

Ternyata tak mudah untuk menemukan Begonia baru ini. Peneliti harus menyusuri sungai, mendaki tebing yang curam, dan cermat mengamati berbagai tumbuhan yang ada di dalam hutan. Setelah melalui identifikasi dan konsultasi dengan para ahli Begonia dan pencocokan dengan herbarium yang ada di dunia, dipastikan bahwa Begonia itu adalah jenis baru.

Hasil penelitian bersama ini kemudian dipublikasikan di Gardens Bulletin Singapore, edisi November 2016.

Peneliti mengatakan tanaman endemik TN Manusela ini sangat berpotensi sebagai tanaman hias, karena bisa ditanam di dalam dan di luar ruangan.

Di Maluku sendiri ada sembilan jenis Begonia yang sudah diidentifikasi, yakni: Begonia aptera, Begonia aketajawensis, Begonia galeolepis, Begonia holosericea, Begonia holosericeoides, Begonia manuselaensis, Begonia rieckei, Begonia sageaensis, dan Begonia nephrophylla.

“Tujuh dari sembilan jenis tanaman Begonia yang ditemukan merupakan tanaman endemik di Maluku dan sangat besar kemungkinan ditemukan kembali jenis baru Begonia karena banyak pulau-pulau kecil yang belum tereksplorasi,” kata Undaharta.

Foto: Dok.LIPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *