Sudah Lahir Ponsel Khusus Augmented Reality, Main Pokemon Go Kian Asik

Kalau tak ada Pokemon Go, barangkali teknologi augmented reality (AR) cuma jadi jargon teknologi futuristik. Bukan teknologi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Google membawa AR makin dekat ke kita dengan teknologi Tango AR. Nah, smartphone yang mengusung teknologi ini sudah hadir lho. Namanya Phab 2 Pro dari Lenovo.

Ponsel yang dibanderol US$499 ini akan menjadi ponsel pertama yang penuh mendukung teknologi AR. Ponsel ini sudah dilengkapi software dan hardware yang mendukung teknologi itu.

Pembicaraan soal penggabungan teknologi Tango dan Lenovo sudah terjadi sejak tahun lalu. Dengan teknologi dari Tango, pengguna game AR pun bisa berbagi lokasi fisik kepada orang lain.

Selama ini pada Pokemon Go, game ini tidak memetakan sekeliling pemain. Ia hanya menempatkan sebuah makhluk virtual di tengah layar.

Sedangkan teknologi pelacak lokasi pada Tango bisa membuat pengguna pun berbagi konteks alias lokasi tempat permainan itu.

Johnny Lee, bos Tango, mengatakan teknologi mereka itu ibarat GPS yang awalnya mengubah kegunaan ponsel dan kemudian melahirkan layanan semacam Uber dan Grab.

Apabila AR sudah bisa mengenali kawasan fisik, Lee yakin nanti itu juga akan mengubah industri, mulai dari game, retail, sampai real estate.

Spesifikasi Phab 2 Pro:
Layar: 6,4 inci QHD (1440×2560)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 652
Memori: 64 GB ROM dan 4 GB RAM
Desain: 8,9 mm unibody aluminium dengan pemindai fingerprint dan kaca lengkung 2,5D
Kamera: 16 MP belakang dan 8 MP depan
Baterai: 4050 mAh dengan teknologi 2,4 x turbo charging
Audio: Dolby Armos, 3 mik dengan 360 voice noice-cancelling

Foto: dok. Lenovo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *