Yuk Ubah Wajah atau Rumahmu jadi Mengerikan

Ingin berubah jadi hantu atau menjadikan potret rumah kita jadi rumah berhantu yang menyeramkan? Tak perlu repot-repot berkat engine ciptaan Media Lab di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Media Lab menciptakan “Nightmare Machine” alias Mesin Mimpi Buruk. Ini adalah sebuah proyek menggunakan algoritma khusus, atau bisa juga disebut kecerdasan buatan.

Proyek ini akan menjadikan potretmu menjadi zombie atau foto bangunan biasa menjadi rumah berhantu.

“Sangat menarik untuk mengeksplorasi bagaimana mesin bisa menghasilkan konten menakutkan,” kata Manuel Cebrian, peneliti dari Data61 CSIRO, salah seorang pencipta proyek itu.

Peneliti juga membuat sebuah website yang menampilkan ‘hasil karya’ algoritma itu di alamat url http://nightmare.mit.edu/. Beberapa bangunan terkenal di dunia sudah diubah jadi bangunan berhantu, seperti Taj Mahal, Golden Gate Bridge, dan patung Liberty.

Bagaimana algoritma itu bekerja? Seperti dijelaskan Pinar Yanardag dari Media Lab, algoritma itu terlebih dahulu mempelajari bagaimana sebuah wajah kelihatannya. Ini berdasarkan pasokan algoritma dari 100 ribu wajah selebriti. Karenanya, algoritma bisa mendesain wajah baru yang menakutkan.

Di situs itu juga ada wajah-wajah menakutkan, hasil pengubahan foto menjadi wajah-wajah yang bisa bikin kamu mimpi buruk. Pengunjung bisa memilih mana yang paling menakutkan.

Hasil voting ini dimanfaatkan oleh algoritma untuk mempelajari mana wajah yang paling menakutkan.

Dalam sepekan, website ini sudah dikunjungi hampir sejuta visitor.

Mumpung dalam suasana Halloween, kalian bisa coba-coba berkunjung ke website itu. Tapi hati-hati ya, jangan sampai jantungmu copot karena ketakutan.

Foto: Foto-Rabe/Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *