China Berangkatkan 2 Astronaut ke Ruang Angkasa

China memberangkatkan dua astronaut mereka ke modul stasiun ruang angkasa milik negeri itu: Tiangong-2, pada Senin (17/10) waktu Beijing.

Kedua astronaut itu: komandan misi Jing Haipeng dan teknisi penerbangan Chen Dong, akan berada di stasiun yang mengorbit di ketinggian 240 mil itu selama satu bulan.

Ini adalah misi ruang angkasa keenam yang digelar China, dan termasuk yang terpanjang durasinya.

Tugas Haipeng dan Dong pada misi kali ini adalah melakukan sejumlah eksperimen dan menguji critical system di modul itu, sebagai bahan untuk membangun modul stasiun ruang angkasa yang lebih besar pada akhir dekade ini.

Haipeng dan Dong diterbangkan ke ruang angkasa dengan roket Long March dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi di China.

Penerbangan itu adalah yang ketiga kalinya bagi Haiping dan yang pertama kalinya bagi Dong. Haiping pernah ikut misi Shenzhou-7 dan Shenzhou-9 pada 2008 dan 2012.

Tiangong-2 sendiri adalah modul eksperimental kedua buatan China. Stasiun ini adalah versi upgrade yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung kehidupan, kelistrikan, komunikasi, dan riset.

Foto Tiangong-2 (Credit: Sputnik News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *