Terungkapnya Misteri Pohon ‘Hantu’ di California

Di hutan pesisir di California, Amerika Serikat ada pohon yang aneh. Pohon redwood itu memiliki daun, cabang, dan batang berwarna putih.

Suku Pomo, suku asli Amerika, menamakan pohon ini Pohon Roh sejak lama. Pohon digunakan dalam upacara-upacara tradisional mereka.

Sejak didokumentasikan pertama kali pada 1866, pohon ini sudah menimbulkan tanda tanya, termasuk di benak para peneliti. Mengapa dia bisa berwarna putih?

Tertarik pada pohon ini, ahli biologi Zane Moore dari Universitas California pun melakukan penelitian khusus. Dia mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai pohon albino itu.

Kalau binatang mengalami albino karena kekurangan pigmen bernama melanin, pohon redwood itu mengalami albino karena kekurangan pigmen untuk melakukan fotosintesis, yaitu klorofil.

Kalau sebelumnya pohon ini dianggap parasit, Moore tak sependapat. Saat memetakan posisi pohon-pohon aneh itu, dia mendapati bahwa pohon itu justru hidup di lingkungan yang kurang mendukung hidup.

Saat diteliti di laboratorium, Moore mendapati campuran beracun yang terdiri dari cadmium, tembaga, dan nikel. Kadarnya, 10 kali lebih tinggi, yang sebetulnya cukup untuk membunuh mereka.

Kandungan logam berat itu membuat penampilan redwood bak hantu. Moore mendapati, penyebab pohon ini menyerap logam-logam berat itu adalah sebab pori-porinya rusak.

Sehingga ia lekas kehilangan banyak air. Sebagai akibatnya, dia juga menyerap lebih banyak air.

“Kelihatannya pohon albino ini menyerap logam berat itu dari tanah,” kata Moore. “Mereka seperti meracuni dirinya sendiri.”

Foto: Cole Shatto/commons.wikimedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *